Wednesday, February 10, 2010

Tips Herbal Mengatasi Kulit Berminyak

Wajah yang berminyak kadang sering membuat kita merasa jengkel, mengurangi kepercayaan diri karena kulit wajah yang mengkilap. Selain itu, pada wajah yang berminyak, debu dan kotoran cenderung lebih mudah masuk ke dalam pori-pori kulit. Memang, tidak semua produk kosmetik dapat menjadi penawar problema kulit berminyak. Berikut ada salah satu tips tradisional yang cukup mujarab untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Namun sebelumnya, adakalanya kita mengetahui faktor-faktor apa yang bisa memicu kulit berminyak.


Faktor penyebab kulit berminyak :

1. Sudah pasti pola makan yang buruk akan menjadi penyebab lebihnya kadar minyak, terlalu banyaknya lemak dalam tubuh yang bisa berasal dari makan-makanan yang manis dan berlemak tinggi.

2. Faktor Hormonal yang bisa menjadi salah satu pula mengapa kulit menjadi berminyak, hormon yang tidak seimbang atau pada saat masa puber yang bisa menjadi pemicu.

3. Pemilihan jenis kosmetik yang tidak tepat bisa menjadi kadar minyak di wajah menjadi meningkat.

4. Faktor keturunan bisa dikatakan juga menjadi factor kulit berminyak, biasanya orang tua yang mempunyai masalah kulit berminyak, akan diwariskan juga ke anaknya.

5. Pengaruh obat-obatan seperti obat untuk KB bisa memicu kulit menjadi berminyak.

Adapun tanaman herbal yang mampu mengatasi masalah kulit berminyak salah satunya yaitu Seledri bisa dikenal dengan nama Apium graveolens. Selain mampu mengobati penyakit darah tinggi, tanaman beraroma semerbak ini mampu menuntaskan masalah kulit wajah yang berminyak. Berikut cara penggunaanya:

1. Ambil daun Seledri secukupnya lalu potong kecil-kecil, lalu rendam seledri ke dalam panci yang sudah terisi air mendidih. Biarkan rendaman seledri panas tersebut selama 15-20 menit dan tunggulah hingga air rendamannya dingin.

2. Oleskan air rendaman seledri yang sudah dingin tadi ke seluruh bagian wajah, diamkan hingga air seledri tersebut meresap dan mengering. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih. Gunakan 2 hari 1 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


1 Komentar:

Anonymous said...

wah bagus nih article yg ini!!! keep writing ya

Post a Comment