Monday, February 08, 2010

Tips Aman dan Awet BerKomputer


Ada beberapa tips yeng perlu diperhatikan sehubungan dengan penggunaan komputer agar lebih aman dan awet dipakai, diantaranya adalah:

1. Sediakan UPS.

Sering kali tegangan listrik turun-naik atau bahkan mati tiba-tiba yang akan berdampak kurang baik pada PC kita, terutama PC yang sudah lama. Hal tersebut akan mengakibatkan rusaknya power supply, motherboard, terutama harddisk. Harddisk memerlukan kestabilan saat bekerja, bila tiba-tiba listrik mati terjadilah kejutan yang bisa menyebabkan tergoresnya track pada harddisk yang bisa menyebabkan bad sector. Kita bayangkan saja motor yang sedang berjalan dengan kencang, lalu direm dengan sangat mendadak. Nah kurang lebih seperti itulah yang terjadi pada harddisk yang sedang running lalu tiba-tiba mati listrik.



2. Sediakan Stavolt.

Untuk UPS yang sudah termasuk stavolt (penyetabil tegangan) tidak masalah, tetapi untuk UPS yang tidak termasuk stavolt di dalamnya maka lebih baik disediakan stavolt tambahan sebagai stabilizer, sehingga walaupun tegangan listrik naik-turun, tidak akan mengganggu keamanan komputer sendiri.

3. Bersihkan komputer secara berkala.

Untuk menjaga kinerja komputer kita agar tetap optimal, jangan malas untuk membersihkan komputer (terutama PC) dari debu dan kotoran lainnya secara berkala, misalnya 3 bulan sekali. Bersihkan terutama pada bagian fan dan RAM.

4. Hindari keyboard kena air.

Tidak menutup kemungkinan keyboard tidak sengaja ketumpahan air minum. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya konsleting pada lempengan bagian dalam pada keyboard sehingga keyboard tidak bisa berfungsi layaknya semestinya. Maka dari itu, jangan ceroboh, jangan suka menaruh minuman di dekat keyboard dan perangkat komputer lainnya.

5. Perhatikan tegangan listrik (Voltase) yang dipakai, apakah sesuai dengan komputer atau tidak.

6. Waspadai sengatan petir.

Untuk daerah rawan petir, terutama jaringan komputer yang terhubung ke menara yang tidak dilengkapi penangkal petir, berbahaya bila terkena petir akan merembet keseluruh jaringan. Karena itu lebih baik sediakan penangkal petir.

7. Jauhkan komputer dari medan magnet.
Medan magnet (contohnya hape, dsb.) bisa mengganggu kinerja CPU dan monitor.

8. Untuk keamanan data dan system kita, jangan lupa gunakan antivirus dan jangan lupa pula untuk rajin mengupdatenya.

9. Pastikan pula ada program utilities yang kita instalkan untuk menghapus sisa registry dan file-file dari internet (Cookies).

10. Lakukan checkdisk dan defrag harddisk secara berkala.

Nah, demikian tips-tips yang bisa kita lakukan agar komputer kita tetap awet dan nyaman serta aman dipakai. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

1 Komentar:

alittle said...

test

Post a Comment